Diberdayakan oleh Blogger.

BBC Breaking News

Silahkan Bergabung

Total Tayangan Laman

Translate

Blogroll

Share It

DALAL MUSLIMIN RADAR PEKALONGAN

Loading...

Selasa, 05 Maret 2013

Pembukaan Batang Expo Meriah



SIMBOLIS - Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo melepas balon tanda dimulainya Batang Expo 2012.

Pembukaan Batang Expo Meriah
*Tampilkan Budaya Khas Daerah

BATANG - Pembukaan Batang Tempoe Doeloe, Batang Expo dan Batang Mendunia, Selasa (10/7) berlangsung meriah, beberapa kesenian khas Kabupaten Batang ditampilkan dalam pembukaan tersebut. Pembukaan diawali dengan kesenian rebana dan dilanjutkan tari nyadran serta tarian sintren yang merupakan tarian khas Kabupaten Batang. Seluruh jajaran Forkopimda dan SKPD di lingkungan Setda Batang juga hadir dalam pembukaan Batang Expo 2012 tersebut.
Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo yang membuka acara tersebut mengatakan kegiatan Batang Expo digelar dalam rangka menunjukkan dan melestarikan budaya asli dari Kabupaten Batang, sehingga melalui kegiatan tersebut warga masyarakat mau dan mampu untuk mereflesikan diri sebagai orang asli Batang.
"Kami sangat berterima kasih atas semua partisipasi para peserta, sehingga kegiatan Batang Expo bisa diselenggarakan mulai hari ini (kemarin-red)," ungkap Yoyok saat membuka event Batang Expo 2012 dengan tema Batang Masa Depan di Alun-alun Batang, Selasa (10/7) sore.
Dijelaskan, selama pelaksanaan Batang Expo yang digelar mulai tanggal 10-17 Juli mendatang, seluruh PNS di lingkungan Pemda Batang wajib menggunakan pakaian tradisional atau pakaian Batang tempo dulu, selain itu PNS juga diwajibkan untuk menggunakan bahasa sehari-hari asli Batang.
Hal itu dimaksudkan agar para PNS di lingkungan Pemda Batang memberikan contoh kepada masyarakat bahwa sebagai warga Batang masih mecintai dan menghargai kebudayaan asli dari Kabupaten Batang. Sehingga nantinya masyarakat umum juga bisa ikut melestarikan kebudayaan asli Batang.
"Melalui Batang Expo ini, bagaimana diri kita mau dan mampu merefleksikan bahwa kita warga Batang. Melalui hal itu, maka akan lebih bangga menjadi orang Batang," kata bupati.
Menurutnya, Batang Expo bukan hanya sebatas transaksi jual beli semata, tetapi yang lebih penting bisa memotivasi Batang lebih maju serta sejajar dengan daerah lain. "Maka melalui potensi yang ada, mari bersama-sama majukan Batang," tegasnya.
Sementara itu Ketua Panitia Batang Expo 2012, Plt Sekda, Drs Suharyanto menuturkan jika penyelanggaraan Batang Expo 2012 didesain atas dasar tekat dan semangat guna mengembangkan potensi daerah. Karena potensi daerah di Batang sangatlah banyak, sehingga nantinya akan lebih dikenal. "Kegiatan ini sebagai sarana melestarikan budaya, adat istiadat, agar warga Batang tidak asing dengan budayanya sendiri," tutur Suharyanto.
Dikatakannya, pada saat pelaksanaan event, sepanjang Jalan Veteran terdapat stand UMKM binaan dinas dan SKPD. Sedangkan di halaman Rumdin Bupati juga terdapat stan kerajinan dari beberapa daerah. Di Alun-Alun stand perbankan, BUMD, perusahaan dan pebisnis lainnya, baik dari Kabupaten Batang maupun dari daerah-daerah lainnya.
"Nantinya expo ini akan digelar mulai pukul 09.00-22.00 WIB, dan akan menampilkan berbagai program ciri khas budaya Batang. Dan diharapkan masyarakat dapat datang untuk mengunjungi stan-stan yang ada," tandasnya. (bunda manis)

0 komentar